Tips Lulus SBMPTN untuk Orang Goblog


(gambar: pribadi)
 Pada tulisan kali ini saya akan berbagi tips agar lolos SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) khusus untuk orang bodoh atau goblok. Ya, bodoh seperti penulisnya hehe. Tips ini khusus untuk orang yang memiliki keinginan kuat. Namun merasa nggak cukup pinter. Jadi jika tidak punya niat yang kuat silakan skip saja. 
 Tepat pada hari ini dibuka pendaftaran SBMPTN untuk calon mahasiswa baru angkatan 2020, mungkin sangat terlambat bagi penulis untuk mempublikasikan tips-tips ini. 
Namun, ini bukan feature atau berita hot, jadi gapapa lah ya, manatau ada yang butuh.
Berikut tips-tips-nya:

1. Tentukan pilihanmu
Hal yang akan menjadi motif untuk lolos SBMPTN, pertama adalah pilihan ranah mana yang akan dipilih. Apakah ranah sosial atau ranah sains. 
Meskipun masih bingung dengan program studi apa yang akan diambil setidaknya, seminimal mungkin tentukan ranah sosial atau sainskah yang akan diambil. 
Kenapa? tanpa menentukan kedua hal tersebut, bagaimana kamu akan belajar? (btw kedua ranah ini tidak berlaku untuk angkatan 2020,dikarenakan ujian hanya berupa TPS).
Jangan hanya mengandalkan orang lain untuk menentukan pilhanmu! 
Pilihan yang kamu ambil adalah orang yang kamu nikahi. 
Setidaknya sambil rebahan kamu bisa memanfatkan teknologi bukan hanya untuk stalking mantan maupun
gebetan, gunakan skill stalking dan researchmu untuk menentukan masa depanmu, stalking akun program studi-nya jika bisa private chat sekalian dengan
mahasiswanya.

2. Curi start lebih awal
Jika sudah mendapat motif, curilah start belajar lebih awal. Kalau saya sih empat bulan sebelum ujian. Tapi jika merasa lebih bodoh juga boleh lima bulan atau maksimal enam bulan
Agar hemat pinjamlah buku soal-soal SBMPTN dari kakak kelas, soal di website juga banyak bertebaran. Carilah teman seper-sengkokolan yang semangat belajar, masukilah grup-grup pejuang SBMPTN yang beredar di media sosial seperti Facebook dan Whatsapp. 
Di grup semacam itu biasanya banyak orang berbagi soal secara gratis.
Gunakan waktu kosongmu untuk menjawab soal-soal, gapapa dibilang nolep saat teman-temanmu yang lain pas istirahat nongki-nongki
Jam kosong serta jam istirahat adalah waktu yang cocok untuk mencuri start, tetapi jika kamu tipe
yang tidak suka keributan, gunakan sepertiga malammu, maksud saya gunakan waktu sunyi untuk belajar. 
Jika kamu sadar kamu bodoh, kurangi gaming,
kurangi mojok sama pacar (kecuali belajar bareng), kurangi nongki-nongki unfaedah.

3. Bimbel? Emang perlu?
Bimbingan belajar sangat perlu, apalagi bagi orang yang tipe mencerna informasinya harus audiovisual. Tenang, bimbel tak selalu mahal, kini banyak platform online yang menyediakan bimbel murah hingga gratis. 
Saya sebut merk berikut tapi ngga disponsori, Quipper, RuangGuru, Zenius, Pahamify, dan lain sebagainya. 
Saya pribadi menggunakan Zenius Expedia (bekas punya orang), Quipper (beli sendiri) kemudian bertukar akun Quipper dengan teman yang menggunakan Ruang Guru. Sungguh Kombinasi yang mantap untuk orang bodoh yang ingin lolos
SBMPTN.
Sepengalaman saya masing-masing paltform memiliki kelebihan tersendiri, Zenius dengan basic learning serta konsep-konsep yang mantap, Quipper dengan jangkauan materi yang lebih luas, Ruang Guru dengan soal-soalnya yang similiar, mirip-mirip soal asli. Mungkin itu sedikit bocoran dari Saya, sekarang tentukan pilihanmu!

4. Tentukan prioritas
Tentukan prioritas antara belajar untuk Ujian Nasional, Ujian Akhir Sekolah atau nelajar demi masuk perguruan tinggi. Bandingkan apa didapat dengan
nilai tingi UN, UAS dengan nilai tinggi SBMPTN. 
Jika dibandingkan hal yang didapat, untuk masa depan Perguruan Tinggi Negeri lebih memberikan banyak
janji ketimbang nilai UN dan UAS bukan? Dengan ijazah sarjana bukankah lebih mudah melamar kerja? 
Pandangan orang Indonesiakan memang kebanyakan
begitu. Bukan berarti saya merendahkan mereka yang tak melanjutkan studi ke perguruan tinggi, mereka punya kesempatan yang sama tetapi dengan jalan serta alur yang berbeda. 
Namun, tetap saja stigma masyarakat kuliah merupakan sebuah privilege untuk persiapan kerja.
Tentukan prioritasmu semenjak mencuri start belajar, agar lebih fokus kemana kamu mengarahkan mata angin masa depanmu. 
Saya pribadi hanya menargetkan yang penting lulus, karena pada zaman saya UN bukanlah penentu kelulusan, melainkan UAS. 
Jangan sampai nilai UAS kamu kurang dari batas lulus, rayulah guru-guru kamu untuk memberi perbaikan nilai jika ada nilai yang bermasalah.

5. Ikut Try Out
Ikutilah try out atau simulasi ujian, ada yang berbayar ada yang tidak. Biasanya jika kamu mengikuti akun-akun bimbel tidak terkenal di Instagram, Kamu dapat
menemukan tryout gratis dengna syarat share, tag teman dan posting di instastory
Kelebihan try out gratis ini, selain hemat juga efisien karena tidak perlu biaya untuk mondar-mandir berkelana, jangkauan orang yang ikut biasanya juga lebih banyak. 
Namun, belum tentu hasil try out tersebut sepenuhnya jujur, bisa saja kamu atau temanmu, atau sainganmu di ujung pulau jawa sana mengerjakannya dengan bantuan teman dan Google.
Jika domisilimu di perkotaan tentu mudah untuk mengikuti try out berbayar yang biasanya dilaksanakan di lokasi tertentu. Kelebihannya adalah lebih minim kecurangan selain itu kesempatan buatmu bertatap muka langsung dengan
pejuang lainnya (manatau ketemu jodoh). 
Keuntungan lainnya jika beruntung mendapat hadiah serta sertifikat. 
Selain itu nilai try out dapat dijadikan evaluasi belajarmu, dengan melihat hasil try out, kamu dapat mengetahui kekuranganmu pada bagian mana.


6. Siapkan Strategi Belajar
Siapkan rencana belajar yang sesuai dengan gayamu. Buatlah target dalam sehari harus memahami apa dan menjawab berapa soal. Waktunya tergantung dengan
gaya belajarmu.
Sebagai contoh, saya menargetkan minimal 10 soal per-hari, untuk materi saya acak saja tergantung mood dan nilai simulasi. 
Setiap harinya satu hingga dua materi, dengan waktu pelaksanaan jam istirahat sekolah dan malam hari. Kamu juga dapat menggunakan pomodoro teknik ketika jenuh saat belajar.


7. Berdo’a dan Restu Orang di sekitarmu
Jangan lupa berdo’a kepada tuhan jika kamu percaya tuhan. Dapatkan restu serta dukungan dari orang-orang terdekatmu, terutama orang tua. Jika restu belum dapat, jangan menyerah rayu terus sampai dapat. 
Berbuat baik dengan orang tua di sekolah, dan dapatkan juga restu mereka.
Di agama saya do’a orang ter-zalimi atau teraniaya itu manjur, jadi jangan sampai orang lain tersakiti karena ulahmu, mungkin ini nggak masuk akal tapi ada kemungkinan jika kamu percaya. 
Jangan sampai karena ulahmu orang lain
mendoakan hal buruk menimpamu.

Cukup sekian tipsnya semoga bermanfaat :)


Comments

Popular posts from this blog

Menggali Sebab Ketidakadilan Gender

Salah Kaprah dalam Mengamalkan Sustainable Living

Hidup Bahagia dengan Berani Tidak Disukai